Sains

Sains merupakan ilmu yang mempelajari tentang gejala alam. Sains berasal dari kata latin yang berarti mengetahui. Sains sendiri terdiri beberapa cabang ilmu termasuk didalamnya adalah Fisika. Bidang keilmuan Fisika mempelajari gejala-gejala alam seperti gerak, kalor, cahaya, bunyi, lsitrik, magnet dan yang lainnya. Gejala-gejala ini merupakan bentuk dari “energi”. Oleh karena itu dapat kita simpulkan bahwa ilmu fisika adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara materi dan energi.
Perubahan yang cukup pesat dalam perkembang dunia ini menempatkan fisika sebagai salah satu ilmu yang menjadi tulang punggung teknologi. Banyak yang dahulu suatu kemustahilan atau bahkan menjadi bahan ejekan ketika ide-ide itu di munculkan kini menjadi suatu kenyataan. Dahulu Copernicus ataupun Galileo pernah mengemukakan tentang pandangan bumi beredar mengitari matahari atau yang lebih dikenal dengan teori heliosentris. Pandangan ini bertentangan bumi sebagai pusat tata surya atau Geosentris yang diwakili oleh Aristoteles dan Ptolomeus. Bahkan gagasan Galileo ini mendapatkan penentangan yang keras oleh gereja. Galileo mencoba mengetengahkan permasalahan ini lewat bukunya walaupun tidak berhasil. Tapi dengan adanya ilmu fisika kenyataan ini terungkap bahwa matahari sebagai pusat tata surya.
Pembahasan awal dari Fisika adalah dengan pengamatan fenomena alam tapi hanya duduk dan diam menyaksikan tidaklah cukup. Pengamatan itu haruslah mencakup pengamatan, analisa, pengujian yang disertai data kuantitatif dan menjawab fenomena yang ada. Ringkasnya ilmu fisika menjawab fenomena fisis di alam ini yang ditransformasikan menjadi angka-angka atau matematis kemudian mengembalikan kebentuk fisisnya. Lord Kelvin, seorang fisikawan berkata: “ Bila kita dapat mengukur apa yang sedang kita bicarakan dan menyatakannya dengan angka-angka berarti kita mengetahui apa yang sedang kita bicarakan itu.”

This entry was posted in Fisika and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s