Haditsul Ifki

Fitnah

Sepenggal kisah untuk sekedar mengingatkan karena ku tau mungkin kita lupa:

Kita mungkin masih ingat tentang tragedi “Haditsul Ifki” yang menimpa Aisyah radhiallahu anha, banyak orang yang tidak terjamin akhlaknya sehingga turut menyebar fitnah keji tersebut, bandingkan dengan para sahabiyah yang terjamin kualitas tarbawinya, yang menjaga lisannya, yang lebih senang mengedapankan husnuzhannya kepada ummul mu’minnin Aisyah RA. Cukuplah istri Abu Ayyub Al–Anshari mewakili para sahabiyah yang berhati mulia, bagaimana, ia mensikapi kasus tersebut dengan penuh rasa ukhuwah dan mencintai saudaranya karena Allah SWT.

Berkenanaan dengan gunjingan yang menimpa Aisyah RA, istri abu Ayyub Al-Anshari berkata kepada suaminya: “wahai Abu Ayyub, jika engkau menjadi Shafwannya apakah engkau berbuat yang tidak-tidak kepada istri Rasulullah SAW, dan Shafwan lebih baik dari engkau. Wahai Abu Ayyub, kalau aku yang jadi Aisyah, tidak akan pernah aku mengkhianati Rasululla SAW dan Aisyah lebih baik dari ku.

Dengan kata lain istri Abu Ayyub Al-Anshari RA mengingatkan suaminya bahwa dirinya yang tidak lebih baik dari Shafwan RA saja tidak ada pikiran-pikiran buruk terhadap Aisyah RA sebagaimana yang digunjingkan oleh banyak orang apalagi Shafwan RA yang jauh lebih baik dari suaminya, sehinga mustahil dalam pandangan istri Abu Ayyub RA Shafwan melakukan hal-hal sebagaimana yang dituduhkan oleh banyak orang. Sebaliknya istri Abu Ayyub Al-Anshari RA juga berkata kepada dirinya sendiri, bahwa dirinya saja yang tidak merasa lebih baik dari Aisyah RA tidak pernah terlintas untuk tega mengkhianati suami apalagi Aisyah yang dalam pandangannya jelas-jelas jauh lebih baik dari dirinya, sudah barang tentu mustahil terlintas pikiran yang mengkhiati suami (berselingkuh ) seperti yang digosipkan oleh banyak orang.

Kata-kata istri Abu Ayyub syarat dengan taushiah agar kita menjaga syawatul lisan, mendahulukan husnu dzhan dan menonjolkan sikap tawaddhu bukti terjaminnya hasil Da’wah.

Gambar Disini

This entry was posted in Islam and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s