Sistem Komunikasi Radio

Tingkat kebutuhan manusia terhadap informasi akhir-akhir ini semakin meningkat. Peningkatan kebutuhan ini ternyata menimbulkan masalah terutama bagaimana informasi ini dapat tersampaikan dengan baik. Kita semua mungkin sudah tau bahwa cara yang paling efektif dalam penyampaian informasi ini terutama untuk jarak yang sangat jauh adalah dengan gelombang radio. Namun cara ini tentu tidak serta merta begitu mudah untuk digunakan.

Dalam sistim komunikasi dengan menggunakan gelombang radio masalah utama yang dihadapi adalah terbatasnya alokasi frekuensi radio yang digunakan sehingga penggunanya harus benar-benar terkendali. Nah jika ini tidak bisa di atasi maka semakin banyak komunikasi yang terputus. Kemajuan teknologi kedepan adalah bagaimana mengefisienkan pemakaian lebar bidang frekuensi yang digunakan.

Untuk menjawab permasalahan tersebut ada beberapa solusi yang di kemukan yaitu dengan menggunakan akses jamak yaitu pemakaian bersama dalam frekuensi yang sama. Tiga akses jamak yang yang di gunakan yaitu teknik akses jamak pembagian frekuensi (FDMA, Frequency Division Multiple Accses), teknik akses jamak pembagian waktu (TDMA, Time Division Multiple Accses), dan teknik akses jamak pembagian sandi (CDMA, Code Division Multiple Accses). Gambar berikut menunjukan perbedaan masing-masing dari teknik tersebut :

Bagaimanakah ketika teknik ini bekerja ???

1. Frequency Division Multiple Accses (FDMA)

    FDMA atau teknik akses jamak pembagian frekuensi adalah teknik yang dalam pengaturan frekuensinya dibagi menjadi beberapa kanal atau saluran frekuensi yang lebih sempit. Para pengguna akan mendapat kanal frekuensi yang berbeda untuk berkomunikasi secara bersamaan. Pengalokasian frekuensi pada FDMA sangat eklusif artinya kanal frekuensi yang telah digunakan seseorang tidak dapat dipakai oleh pengguna yang lain. Kanal frekuensi itu kemudian dipisahkan lagi dengan kanal frekuensi yang lebih sempit lagi (guard band) yang bertujuan untuk menghindari interferensi antar kanal yang berdekatan (adjacent channel) agar menempati alokasi frekuensi yang diberikan. Ilustrasi berikut menjelaskan bagaiman FDMA bekerja :

    Ilustrasi cara kerja teknik FDMA

    2. Time Division Multiple Accses (TDMA)

    TDMA atau akses jamak pembagian waktu adalah teknik yang menggunakan rentang frekuensi secara keseluruhan namun dibatasi dalam waktu yang relative singkat yang disebut slot waktu (Time slot). Tiap pengguna akan di berikan slot waktu yang berulang secara periodis dan hanya di izinkan mengirim informasi pada slot waktu yang telah di tentukan. Antar slot waktu diberi jeda waktu (guard time) untuk menghindari interferensi antar pengguna. Ilustrasi berikut menjelaskan bagaimana TDMA bekerja :

    Ilustrasi cara kerja teknik TMDA

    3.Code Division Multiple Accses (CDMA)

    CDMA atau akses jamak pembagian sandi adalah teknik yang menggunakan frekuensi yang sama dalam waktu yang bersamaan tetapi menggunakan sandi yang unik yang saling orthogonal. Sandi-sandi yang diberikan akan membedakan pengguna yang satu dengan pengguna yang lainnya. Ketika jumlah pengguna besar, maka bidang frekuensi yang diberikan akan ada banyak sinyal pengguna sehingga tingkat interferensi antar pengguna juga akan semkain meningkat. Pada kondisi ini akan menurunkan kemampuan kerja dari system. Ini berarti kapasitas dan kualitas system di batasi oleh daya interferensi yang timbul pada lebar bidang frekuensi yang digunakan.

    CDMA merupakan akses jamak yang menggunakan prisnsip komunikasi yang menggunakan prinsip komunikasi spectrum tersebar. Isyarat bidang dasar yang hendak dikirim disebar dengan menggunakan isyarat dengan lebar bidang besar yang disebut sebagai isyarat penyebar (spreading signal). Metoda ini dapat dianalogikan seperti sekolompok orang berkomunkasi dalam suatu ruangan tetapi dengan bahasa yang berbeda, sehingga pembicaraan pasangan satu dengan pasangan yang lainya seperti suara kipas karena tidak diketahui maknanya. Ketika jumlah pengguna yang berkomunikasi dalam ruangan meningkat maka ruangan akan menjadi bising dan sudah pasti ini tidak akan kondusif lagi untuk berkomunikasi. Agar jumlah komunikasi bisa maksimal maka kuat tiap pembicaraan diatur tidak boleh keras.  Ilustrasi berikut akan menjelaskan bagaimana CDMA bekerja :

    Ilustrasi cara kerja teknik CMDA

    Ketiga teknik di atas merupakan dasar dari teknologi seluler sekarang yang kita kenal seperti CDMA dan GSM yang menggunakan teknik TDMA.

    This entry was posted in Elektronika and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s