Pelangi Di Langit Bumiku

Pelangi-pelangi alangkah indahmu

Merah kuning hijau di langi yang biru

Pelukismu agung siapa gerangan

Pelangi-pelangi ciptaan tuhan

Tiga hari belakangan tepatnya menjelang maghrib ketika pulang ke rumah pandangan ini menjadi tertegun pada pandangan langit yang begitu indah. Lama dipandangi ternyata langit bumiku dihiasi oleh pelangi nun di ujung sana yang semakin ku dekati semakin jauh. Hm…kayaknya wajar deh ibarat mengejar bulan eh bulannya malah lari (jadi kepikiran waktu kecil dulu). sebenarnya sih gak lari cuma karena pelangi dan bulan terlalu besar makanya kelihatan menjauh dari kita coba kalau gunung yang dikejar maka pasti akan kita dapatkan seperti kata orang2 “tak akan lari gunung di kejar” he..he… Sepertinya emang begitulah pelangi, karena begitu indahnya maka muncul lagu anak-anak dengan lirik di atas yang begitu disenangi oleh anak-anak (ingat masa kecil lagi😀 ).

Kembali ke cerita awal…hari pertama ku menyaksikannya aku bertanya-tanya bagaimana mungkin ada pelangi padahal gak turun hujan. Sampai di rumah kuperhatikan pekarangan rumah eh ternyata emang baru selesai hujan, hujan lokal kayaknya. Hari kedua ketika pulang diwaktu yang sama eh kejadian yang sama muncul lagi, langit bumiku kembali dihiasi oleh indahnya pelangi. Dalam perjalanan aku berfikir lagi, mungkin kah hari esok akan ada pelangi lagi. Setelah dua hari ku menikmati indahnya pelangi berharap ada hari ketiga pelangi akan muncul lagi. Alhamdulillah ternyata benar, pulang dari silaturahim jelang ramadhan ke magek “kampung halaman” sore itu langit bumiku kembali dihiasi oleh pelangi. Ya pelangi itu membentuk setengah lingkaran yang membentuk gradasi dengan warna yang tidak berubah-ubah (sunnatullah nya merah kuning hijau dan warna lain yang tidak begitu jelas kita lihat tapi diperhatikan dengan seksama warna yang mungkin mejiku hibiniu”merah jingga kuning hijau biru nila dan ungu”). Emang pelangi begitu indah karena ia adalah ciptaan zat maha indah sama seperti kita karena kita begitu indah.

“sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya” .(QS At-tiin : 4)

By the way, kenapa pelangi itu muncul? Bagaimana pelangi itu bisa muncul? Apakah kemunculan pelangi itu mesti didahului dengan turunya hujan? Mengapa warna pelangi seperti itu (mejiku hibiniu)?..hm…sebenarnya pertanyaan ini sebagian sahabat sudah tau jawabannya tapi gk masalah kalau kita berbagi lagi melengkapi yang kurang mana tau.

Pertanyaan-pertanyaan di atas akan dijawab dengan penjelasan berikut. Pelangi di langit takkan bisa kita paksa untuk muncul karena ia sudah ada waktunya kapan ia akan muncul. Namun untuk membuat fenomena seperti pelangi tentu bisa tapi bukan pelangi yang dilangit tentunya. Fenomena pelangi adalah fenomena pembiasaan cahaya oleh air. Artinya kemunculan pelangi karena ada faktor-faktor yang menyebabkannya. Sederhananya pelangi itu muncul karena ada zat pembias dalam hal ini uap air, dan karena ada cahaya. Ketika cahaya matahari mengenai uap air yang ada di atmosfer maka cahaya itu akan dibiaskan sesuai dengan panjang gelombangnya. Cahaya putih pada matahari yang merupakan cahaya polikromatik akan terurai menjadi cahaya dengan warna-warna yang ada sesuai dengan panjang gelombangnya.

Pelangi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah lengkungan warna spektrum di langit sebagai akibat adanya pembiasan sinar matahari oleh titik hujan atau embun. Urutan warna pelangi yang membentuk spektrum warna disebabkan karena adanya perbedaan panjang gelombang dan frekuensi masing-masing warna. Cahaya merah adalah cahaya yang memiliki panjang gelombang yang paling panjang atau memiliki frekuensi paling rendah ketimbang spektrum cahaya lainnya pada pelangi makanya cahaya merah terlihat di atas. Begitu juga urutan dengan warna-warna yang lainnya.

Biasanya pelangi dapat dilihat sesaat setelah hujan dan disertai cahaya matahari, biasanya terjadi di pagi maupun sore hari saat sudut antara matahari dan bumi masih rendah. Walau terkadang tidak mesti setelah selesai hujan akan muncul pelangi dan bahkan ketika selesai hujan pun belum tentu akan muncul pelangi. Pelangi juga bisa muncul ketika atmosfer bumi sedang jenuh dengan uap air dan faktor sudut cahaya yang datang tepat, maka pelangipun akan muncul seperti “halo matahari”.

Subhanallah…begitulah ciptaan Allah yang bernama pelangi ini, indahnya luar biasa, dan proses terbentuknya juga sangat ilmiah. Jadi kalau ingin melihat indahnya pelangi maka bersabar saja karena tidak bisa dipaksakan dan karena pelangi juga memiliki faktor-faktor yang mesti ada untuk kemunculannya..

#Karena pelangi begitu indah apalagi kita makhluk yang sempurna

13 -15 juli 2012, beberapa hari menjelang ramadhan 1433 H pelangi muncul dengan begitu indahnya

This entry was posted in Fisika, Islam, Tafakur and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Pelangi Di Langit Bumiku

  1. Anisa says:

    Indahhhh bangeeed

  2. msdani says:

    subhanallah.., betapa indahnya ciptaanmu ya Allah.., sungguh luar biasa, sangat indah ketika pelangi muncul di langit seperti gambar diatas, dan saya salut kepada yang udah ambil foto tersebut, sangat indah dengan background pantai dan alam pedesaan yang indah:), oya kalau boleh tau lokasi dmn tuh, siapa tau sy bisa mmpir kesana🙂, thx sharenya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s