Doa Koq Basa-Basi

Suatu ketika khalifah Umar bin khatab berdoa, “Ya Allah, aku bermohon kepadamu mendapatkan syahadah (mati syahid) di atas jalanMu dan wafat di tanah NabiMu.” Mendengar jawaban ini salah seorang sahabatnya bertanya kepada sang Amirul mukminin, “bagaimana mungkin wahai amirul mukminin engkau akan mati syahid sedang engkau berada di daerah yang lagi aman (Madinah) dan tidak ada peperangan, engkau juga tidak turun kemedan perang untuk memimpin pasukanmu”

Tapi begitulah sang khalifah umar, beliau memiliki keimanan yang kuat dan jujur dengan keimanannya, maka Allah mengabulkan doanya ini dan memberikan kedua permohonannya tersebut, yaitu mati syahid di Madinah. Ini adalah perkara yang sulit namun Allah Maha lembut kepada hambaNya. Akhirnya beliau ditikam oleh Abu Lu’lu’ah Fairuz -seorang yang aslinya beragama Majusi dan tinggal di Romawi ketika Umar shalat di mihrab pada waktu Subuh hari Rabu tanggal 25 Dzulhijjah tahun 23 H dengan belati yang memiliki dua mata.

Doa umar dikabulkan oleh Allah, sekali lagi karena beliau berdoa dengan keimanan dan jujur dengan keimanannya. Selain syarat-syarat yang lain tentunya jujur dengan doa yang kita sampaikan adalah suatu kemestian jangan sampai kita terperangkap pada doa yang kita sendiri tidak begitu memahaminya, tidak jujur dengan doa kita atau sekedar basa-basa karena kita sudah menghapalnya. Ucapan doa yang kita sampaikan kepada teman pun seperti hari kelahiran, kesuksesan dalam suatu urusan atau yang lainnya jangan hanya sekedar basa-basi karena sesungguhnya doa yang kita sampaikan juga untuk kita. Seperti yang disampaikan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Dari Abu Ad-Darda’  Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.” (HR. Muslim no. 4912)

#Jujurlah dalam doamu

This entry was posted in Islam, Tafakur and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Doa Koq Basa-Basi

  1. rangtalu says:

    hehe..
    awak mengambil potongan yang berbeda kironyo.. he..😀

    • Al-Mandawiy says:

      ooh iyo mah adrian..
      lah ka jaleh se ko mah..
      duduak wak badakean.. hehehe😀 (Copy paste)

      • rangtalu says:

        hahahaha😀
        jan copy paste bang, lakek statement BOS beko : “PN* tu ndak kreatif” keceknyo hehe

      • Al-Mandawiy says:

        he…he..kalau baitu abang ganti rancaknyo..itu karena kita perawi yang berbeda dengan mendengar dari sumber yang sama😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s