Aku Manusia Fakir

Aku manusia fakir

Fakir terhadap harta dan benda

Namun pantang bagiku untuk meminta-minta

Apalagi mengambil harta yang bukan haknya

Korupsi, judi bagiku suatu yang tercela

Kasarnya tanganku karena bekerja lebih rasulullah suka

Aku manusia fakir

Fakir terhadap jabatan dan tahta

Namun itu bukan suatu cita-cita

Apalagi suap untuk mendapatkannya

Menjilat, sogok bagiku suatu yang tercela

Jangan berikan jabatan kepada orang yang memintanya, begitu rasulku berkata

 

Aku manusia fakir

Fakir terhadap ilmu dan pengetahuan

Namun itu bukan untuk kesombongan

Apalagi pamer untuk menunjukan kepintaran

Mencontek, menipu bagiku bukan jalan yang dibenarkan

Menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim dan muslimah, begitu rasulku ajarkan

 

Aku manusia fakir

Fakir terhadap kasih sayang dan cinta

Namun itu bukan untuk di obral kemana-mana

Apalagi demi mengharapkan cinta yang fana

Rayuan, gombalan pada yang tidak haknya, bagiku suatu yang tercela

Pasti akan mendapat cinta-Ku orang-orang yang cinta-mencintai karena Aku, begitu Hadits Qudsi berkata

 

Aku manusia fakir

Fakir terhadap rahmat dan pahala-Nya

Namun itu tidak untuk pamer dan ria

Apalagi beribadah bukan karena-Nya

Maksiat, durhaka bagiku suatu yang tercela

“Barangsiapa yang mengharapkan perjumpaan dengan Rabbnya, maka hendaklah ia beramal shalih, dan janganlah ia mempersekutukan dengan sesuatupun dalam beribadah kepada Rabbnya” begitu firman Allah dalam kitabnya.

 

Terakhir cukuplah ini sebagai pengingat bahwa kita memang makhluk yang fakir (berkehendak). Namun Allah-lah tempat meminta dengan segala doa dan amal tentunya, semoga Allah mengabulkannya dengan segala yang terbaik di sisi-Nya dan jangan pernah berkehendak selain kepada-Nya.

“Hai manusia, kamulah yang fakir “berkehendak” kepada Allah; dan Allah Dialah Yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji”. Faathir : 15

This entry was posted in Curhat, Islam, Puisi and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Aku Manusia Fakir

  1. Pingback: SUNSHINE AWARD « RANGTALU

Leave a Reply

