== Jenggot Haji Agus Salim ==

agus salim

Olok-olok tentang jenggot yg dialamatkan kepada aktivis Islam bukanlah perkara baru. Sejak jaman pergerakan sampai jaman kemerdekaan, cemoohan seperti itu kerap terjadi. Pelakunya? Sudah barang tentu orang yg tdk suka jenggot..😀

Perkara jenggot ini mengingatkan saya pada senda-gurau “Orang-orang Terkenal di Dunia”  dalam buku rumor Suetoyo M.D (1990). Di antaranya diceritakan tentang satu pertemuan yang dihadiri tokoh pergerakan kharismatik HOS. Tjokroaminoto dan Haji Agus Salim.

Sebelum acara dimulai pada saat Tjokroaminoto memasuki ruangan, tiba-tiba salah seorang pemuda langsung berdiri sambil berteriak: “Siapa yang punya kumis, tapi tak punya jenggot?” Teriakan anak muda ini dijawab serentak oleh perserta: “Kucing”. Jawaban ini dialamatkan pada Tjokroaminoto, karena beliau berkumis tapi tidak berjenggot.

Lalu, Haji Agus Salim, masuk ke ruang pertemuan. Spontan si pemuda tadi kembali berteriak: “Siapa yang punya jenggot, tapi tidak punya kumis?” Dan kembali dijawab serentak oleh peserta: “Kambing”. Jawaban untuk mengejek Haji Agus Salim, karena beliau memiliki jenggot tapi tidak berkumis.

Giliran Haji Agus Salim dipersilahkan naik ke podium untuk berpidato. Sebelum memulai pidatonya, Agus Salim lebih dulu bertanya: “Siapa yang tidak punya kumis dan tidak punya jenggot?” Petanyaan ini tidak ada yang menjawab, semua hadirin terdiam. Karena pertanyaannya tak ada yang menjawab. Maka Haji Agus Salim langsung memberi tahu jawabannya. “Yang tidak punya kumis dan tidak punya jenggot adalah anjing.” Hadirin yang mendengat serentak tertawa.

Begitulah cara “orang besar” berdiplomasi. Mungkin Haji Agus Salim tidak bermaksud mengalamatkan jawaban pertanyaannya kepada anak muda itu, tapi karena anak muda yang berteriak tadi kebetulan tidak berkumis dan tidak berjenggot, maka ia merasa telah dipojokkan oleh Haji Agus Salim.

he..he..tapi di fotonya agus salim sudah berkumis tuh😀 . Penting gak sih bahas kayak ginian?

#copast dari milis

Gambar Disini

This entry was posted in Curhat, Islam and tagged , . Bookmark the permalink.

6 Responses to == Jenggot Haji Agus Salim ==

  1. bisa jadi ide tampak no mah tuan..:-)

  2. Orang cerdas becanda pun becandaan bermutu ya

    • Al-Mandawiy says:

      he..he.. benar mbak..orang cerdas dan bijak emang selalu begitu..🙂 ..
      dan sekalian mo ngucapin selamat datang di blog sederhana ini dan berkenan kiranya mbak ika meninggalkan jejak dibuku tamunya…. (sedikitmaksa.com):mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s