Selebrasi Kemenangan

maldini_m4001

Sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau. Dan jika kamu beriman dan bertakwa, Allah akan memberikan pahala kepadamu dan Dia tidak akan meminta harta-hartamu. (Muhammad : 36)

Saya sadari bahwa Saya bukanlah ahli tafsir dan berlatar belakang syar’i yang mengerti banyak hal tentang agama ini. Namun mencantumkan ayat di atas bagi Saya untuk menegaskan bahwa dunia ini memang sebuah permainan yang suatu saat juga harus selesai. Karena hidup ini hanyalah sebuah permainan, maka tidaklah pantas bagi saya berleha-leha dan mengabaikannya untuk tujuan hidup yang lebih abadi. Saya juga sadar bahwa kehidupan yang telah di ciptakan ini tidak lain adalah mempersiapkan bekal untuk menghadapi kehidupan yang lebih kekal lagi. Layaknya sebuah permainan maka ada ujung yang mesti kita raih yakni kemenangan.

Kalau kita menganalogi kehidupan ini seperti permainan bola maka cukup banyak hikmah yang bisa kita ambil. Namun kali ini Saya tidak akan membahas secara detil mengenai analogi ini, cukup pada satu sisi saja, seperti perayaan gol ataupun kemenangan yang di dapatkan oleh klub-klub yang sedang bermain. Bagi pemain bola, manager, supporter adalah suatu hal yang di inginkan bahwa klub yang di gawanginya bisa menang dalam pertandingan. Banyak cara bagi pemain, supporter atau manager merayakan gol-gol yang dilesatkannya ke gawang lawan, apalagi klub yang dibawanya bisa memenangkan pertandingan. Ada yang jingkrak-jingkrak, ada yang buka baju, yang menari-nari dilapangan, ada yang bawa spanduk dengan tulisan-tulisan penyemangat dan cara-cara lainnya.

Namun muncul pertanyaan apakah yang meraka lakukan adalah salah? Jika dilakukan secara berlebihan mungkin kita bisa katakan itu salah, tapi apakah kesalahan itu bisa dialamatkan kepada klub yang sedang bermain? Saya kira tentu tidak, tapi tidak tau kalau orang lain yang berpendapat. Kalaupun ada yang menilainya salah dan mengeneralisir permasalahan pada klub yang ada, apalagi dengan sebutan yang sangat merendahkan, maka Saya katakan terlalu mudah kita menghakiminya.

Bagi Saya sendiri yang tidak terlalu pandai bermain bola dan hanya penikmat bola, tidak perlu merusuhkan selebrasi yang dilakukan oleh pemain, manager tim dan supporter, kecuali mungkin apa yang mereka lakukan adalah membuat rusuh. Karena Saya yakin pemain itu paham bagaimana mengkonversi sebuah gol yang mereka lesatkan ke gawang lawan dengan luapan kegembiraan. Tidak seperti kita yang hanya mengamati yang tidak tau bagaimana sulitnya berlari meraih bola, terjatuh dan bangun lagi, menerobos pertahanan lawan, mencoba melesatkan bola ke gawang lawan dan kalau gol kita ikut teriak golll… kesenangan tapi kalau tidak entah apa yang akan kita sebutkan. Apalagi kalau klub yang kita dukung meraih kemenangan, begitu bahagianya kita tapi jika kalah dan mulai kecewa dengan klub yang di dukung maka mungkin saja perkataan negatif yang kita keluarkan, yah seperti kejadian sekarang ini antara timnas IPL dan timnas ISL yang dulunya satu kini saling hujat.

Perlu kita sadari satu gol saja sangat sulit apalagi harus memenangkan pertandingan. Maka untuk memenangkan pertandingan segala strategi apapun yang tidak dilarang perlu digunakan, seperti mengguncangkan mentalitas lawan dan Saya kira selebrasi adalah salah satu caranya. Sebelum pertandingan pun terkadang unjuk-unjuk kekuatanpun tidak ada masalah karena emang tidak di larang, jadi ya jangan kita mempermasalahkan. Kritikan bagi pemain atau pelatih apakah tidak perlu? Maka Saya katakan tentu perlu tapi kritikan yang membangun bukan malah menjatuhkan. Jadi jika ingin mengkritik supporter, pemain, manager ataupun klubnya berhati-hatilah kawan jangan mudah mengeneralisir karena ini akan merusak yang tak patut untuk rusak. Nah dalam permainan bola saja kita perlu berhati-hati apalagi perjuangan dalam kehidupan. Hm..untuk para pemain saya mengatakan teruslah berlari mengejar bola, mempertahankan gawangmu, mencetak gol sebanyak-banyaknya, teruslah bangun jika engkau terjatuh, dan raihlah kemenangan, Saya yang tidak ikut bermain akan senantiasa mendukungmu dengan segala yang Saya bisa…

#Bukanlah kekuatan musuh yang Saya takutkan, tapi celaan kawan seperjalananlah yang Saya risaukan

Sumber gambar Disini

This entry was posted in Curhat and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Selebrasi Kemenangan

  1. Sepak bola enak ditonton, perputaran uangnya juga besar dan sekarang enak untuk dijadikan perumpamaan🙂

Leave a Reply

