Karena ini bukan awal

inilah-daftar-dpt-pilkada-padang-per-kecamatan-_20130905212209

Sekarang masih ada waktu, belum terlambat, setidaknya kita akan mengurangi rasa penyesalan ketika pada akhirnya harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Proses pilkada kota padang sudah lama berlangsung dan puncaknya akan di lewakan pada tanggal 30 bulan 10 tahun ini. Semua kandidat sudah berupaya memaparkan profil diri, visi, misi dan program unggulan untuk memajukan kota padang yang kita cinta dan kita bela. Siapapun yang terpilih nantinya jadi pemimpin kota padang sebenarnya sudah Allah tetapkan, namun usaha kita untuk menunjuk yang terbaik dari 10 kandidat mesti kita lakukan.

Tugas kita sebenarnya tidak hanya sekedar proses memilih, mencoblos atau mencontreng pasangan calon yang akan menjadi pemimpin kota padang saat di TPS, tapi juga menjaga bagaimana proses pemilihan itu dapat berlangsung dengan jujur dan adil. Namun kita tidak bisa pungkiri bahwa MUNGKIN ada saja pasangan calon yang akan membuat kecurangan untuk memuluskan langkahnya menjadi walikota dan wakil walikota dengan menghalalkan segala cara. Cara seperti inilah yang sebenarnya membuat politik itu kotor dan kejam yang padahal politik itu bisa menjadi lebih asik dan menarik seandainya para pelakunya menggunakan segala cara yang halal.

Salah satu cara terzhalim (saya menyebutnya terzhalim karena ini adalah proses pembodohan) yang sering dilakukan adalah dengan politik uang. Karena banyak kasus ternyata ada yang berhasil menjadi pemimpin suatu daerah karena dengan menyuap masyarakat untuk memilihnya. Ketika telah menduduki jabatan yang diraihnya maka ia akan berupaya mengembalikan harta yang telah dikeluarkan untuk menyuap ketika kampanye, juga dengan mengahalalkan segala cara, korupsi contohnya. Alih-alih ingin mensejahterakan rakyat malah mesejahterakan pribadi, inilah prilaku pemimpin yang akhirnya membuat masyarakat menjadi apatis, pesimis, dan pragmatis dalam menjani kehidupan.

Trus apa yang mesti kita lakukan? Sebenarnya setiap kita mempunyai peran dalam menjaga jalannya proses pilkada kota padang, tapi terkhusus saya ingin menyampaikan kepada gerakan pemuda, mahasiswa dan termasuk saya di dalamnya. Kenapa demikian? karena banyak hal yang bisa dilakukan oleh gerakan pemuda dan mahasiswa untuk menjaga proses pilkada kota padang ini bisa berjalan jujur dan adil meski untuk kemunitas manapun tidak menutup kemungkinan.

Mungkin kita sering mengkritisi pemerintah, berdemo dan lain sebagainya, tapi kita sedikit melupakan untuk mengkritisi dan mengawasi proses terpilihnya seorang pemimpin. Padahal disinilah sebenarnya awal bagi kita untuk mengurangi permasalahan yang terjadi pada pemerintahan, memutus mata rantai korupsi di pemerintahan dan membentuk pemerintahan yang baik dan bersih. Contoh sederhana di kota padang, dengan DPT (Daftar pemilih tetap) sebanyak 560.732 orang dan yang mencoblos misalnya 500.000 orang dan pemenang pilkada adalah perolehan suara yang lebih dari 30 % atau sekitar 150.000 atau lebih, maka jika ada pasangan calon yang bermain politik uang, hanya dengan mengeluarkan uang sebesar 100.000 per orang, sang calon yang bermain politik uang cuma mengeluarkan uang sebesar 15 M dan di tambah dengan kampanye lain sebesar 5 M berpotensi untuk memenangkan pilkada kota padang. Apalagi kalau banyak yang golput, tentu dana yang akan dikeluarkan lebih sedikit. Artinya jika ada pihak-pihak yang ingin jadi sponsor pasangan calon tentu tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini dengan imbalan nantinya ketika telah terpilih, banyak proyek yang bisa digarapnya. Dan pasangan calon akan berupaya mengembalikan dana yang telah di keluarkannya selama kampanye ketika mereka telah memimpin dan ujung-ujungnya masyarakatlah yang akan menjadi korbannya.

Inilah salah satu hal yang saya takutkan ketika gerakan pemuda, mahasiswa dan masyarakat membiarkan proses pilkada seperti ini terjadi. Oleh sebab itu mumpung belum terlambat KITA (gerakan pemuda, mahasiswa dan masyarakat) dengan berbagai peran yang bisa kita lakukan mesti melakukan penjagaan agar pilkada kota padang berjalan dengan jujur dan adil. Beberapa hal yang mungkin dilakukan oleh gerakan pemuda dan mahasiswa adalah seperti tim pemantau independen, penyampaikan kemasyarakat melalui bebagai media untuk tolak politik uang dan lain sebagainya. Yah sekali lagi mumpung belum terlambat untuk tanggal 30 bulan 10 tahun 2013 untuk kota padang yang kita cinta dan kita bela.

Gambar Disini

This entry was posted in Politik and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s